Jumat, 26 Maret 2010

Drama copy: “Andhe Andhe is Lumut ” engglish

Mbok Menah:”Audiences, introduce Mbok Menah's name. I this, simboknya klenting. Brothers and sisters need to know that I so pride have child that lovelies, pinter pinter, healthy, get faith on oldster, abidance again. In essence no that emulates they at exhaustive silvan it. Have a lot of juvenile silvan one applies for them. Eh, have audience yes, i am permit want to cook before. Its problem is my children haven't breakfast.
K.Abang:”Assalamu ’ alaikum … audiences … introduces our … be klenting Mbok Menah's child. Klenting Abang's name, I this the eldest one lho …!”
K.Ijo:”Klenting Ijo's name.”
K.Blue:”If I Klenting Blue.”
K.Purple:”If I Klenting Purple ”
K.Abang:”Audiences, we this sangaaat loves the mbuk we. Since the mbok we that give freedom for us. That simbok's mean we trust us. Really ’ my sister cannikins?”
K.Ijo:”Really really stops the show! We ‘ cannikin this still young. Young age we shall utilize with all the best, life Only once doesn't be trifled away … hi … hi … hi … ”
K.Abang:”Eh,my sister! have, our ayo entering, kitaharus helps simbok cooks! ayo!”
K.Yellow:”Permit … permit … kolonuwun … spada … ”
K.Abang:”What is on, want ketemu who?”
K.Yellow:”I my … my … it wanderer that have no house. I also have no oldster. I besought to make I your brother … please … ”
K.Ijo:”What? Want numpang in here? sorry! haven't available place.”
K.Purple:”Iya! Your better looks for place any other only! Herein its place was full! Scat there!”
K.Yellow:”Please my … appealing my … wants to be enjoined whatever deh … please … ”
K.abang:”Plas plis plas plis! ngomongnya just exotic have there going just! Not level!”
Mbok Menah:”anaku's child … what is on toh this, heard dins! what is on?” (Then Mbok Menah draws near Klenting yellow)
“Lho … who this? Lovely your once nduk …?”
K.Yellow:”Mbok my … it a penggembara my … has no oldster have no house my … living lorn … so help mbok, I want to become family in here, please …… ”
Mbok Menah:”Plis …? Plis iku opo to nduk?”
(Mbok Menah asks on its children)
K.Abang:”Alaah … have mbok! Are no use comment her.”
K.Purple:”Iya moreover house we … khan was fraught mbok's woman, its room was close-fitting!”
Mbok Menah:”Have, don't din! The mbok adds to be at a loss nih. (menunju towards Klenting yellows) Beautiful Nduk Cah … Simbok allows you are remained in here .Tapi you shall assistive in here yes?”
K.Yellow:”Wuah …! Thank you … mbok's gratitude!” (while kisses hand the mbok scores of times and klenting another one meras risih)
Mbok Menah:”Iya … iya … iya … eh, but by the way who namamunduk?”
K.Yellow:”I not tofu!” (K. Confused observable yellow)
Mbok Menah:”Yes have … have … (tempo) mmm … since your dress yellow becomes you I give name … Klenting yellows.”
Mbok Menah:”Your Nah present bergabubg with your brothers and sisters. Ayo there!”
K.Yellow:”Well mbok …… ”
Scene II.
K.Yellow:”Audiences, I sangaaaat thanks, since I now have house,but that my brothers and sisters not menjag its house hygiene slatternly alias. Although I am treated as assistant, nix, provided that my aim to find Kakang INU KeRTAPATI most until. But my one marvels audience, my sister is its behavioral exotic. Upon I clear their room, say finds stub. Last night, I find birdi's bottles their room,and they often go home night. But Mbok Menah doesn't know it. Must it intercourse false effect.
K.Abang:”Heh, Klenting yellows! The Mbok which?” (say sharp)
K.Yellow:“There is in … ”
K.Abang:”Yes … have!”
Py. TV: “……'s announcements. Its goods who that perceive female and qualifying,one young man of cross orchard look for couple to be made its life associate.”
Mbok Menah:”Wuah! This news new delight! (tempo) my children! Klenting Abang … Klenting Ijo … Klenting Purple … Klenting Blue …! Ayo every thing here!”
Choral:”What is on Mbok?”
Mbok Menah:”Nduk's hearing … Cah Beautiful! Was broadcast at TV passes one lightning of info,that The Ande Ande Lumuten,eh is false … .Ande gallant Moss ande mighty looking for wife. This opportunity for you! Ayo quick! You shortly depart! Later its registration hurried close! Ayo quick departs!”
K.Yellow:”Mbok,how with me?”
K.Abang:”Heh, you on the house only! With simbok!”
K.Ijo:”Iya, moreover not level! Ande ande is moss won't accept you, ngerti!”
Mbok Menah:”Iya nduk …, You on the house only, with simbok.
K.Abang:”Yes have mbok, we depart yes!”
K.Purple:”Bless invocation appeal, Mbok!”
Mbok Menah:”Yes have, there departed!”
III. scene
Yuyu k madura's patois)
“Groan … groan … Oh … pantesan! Its face is my ass to nip supit my own.” (tempo). Then yuyu straddles to sit in bandstand periphery while celingak celinguk. “sepi's shuttlecock yes, tumben, of morning until noon haven't available penglarais!”
K.Abang:”Whew … sepi's shuttlecock, which is its boat?”
Yuyu k:”Duh kanak … misses that this lovely wants where ta iya?”
K.Ijo:”Whew … coincidence available yuyu straddles. (making for towards yuyu straddles) Yuyu straddles that good and sharp-looking, please dong! We this disabrangkan goes to sebrang's village, our problem want to find Ande Ande Moss.”
Yuyu k:”Oh … Wants to Dadapan's Village. Want to find Nde Ande Lumuten Ta Iya? May provided that I be paid 1 million any one, how? (while ignorant berekpresi)
K.Abang:”Whew,at a price once,we are moneyless as much that.”
Yuyu k:”Waah … if not wants yes have, are not remained going just!”
K.Abang:”Eh … eh! Sit out before!” (approaching yuyu straddle and flatters it) Yuyu straddles your … good cannikin and good-looking! Please dong our … aided, on and off free nix cannikin.”
Yuyu k:” What?!! Freely?!! Duh … groan … present era not available free one main deck, sampeyan don't as delicate as count its begiti with me!”
Yuyu k:”Mmm … yak! I have way out it, main deck.
Choral:”How … how ….???”
Yuyu k:”Begini is its way out.” (klenting approaches yuyu straddle) after comes unto cross my … asking disun with sampeyan every thing. How?”
K.Abang:”Yes have, we accept. In essence we soon until over there!”
Yuyu k:” okay … okay.”
Yuyu k: “Wuah … its kissing dasyat!”
Yuyu k:”Hei …! Ms lovely! Sampeyan must want nyebrang yes? Haven't available boat in here, all boat sinks to go to seabed! How if I sebrangkan? But its pay kisses left right cheek, how?”
K.Yellow:”Well I accept.”
Yuyu k:”Okay …! Okay …!”
Yuyu k:”Duh kanak is odor what this? (cast eyes on to aim klenting kuninng) duh … its face groan sampeyan that odor. Have gone there! My giddiness!”
Scene IV.
A.Moss:”Mbok … how? Have gotten what woman that signs in?”
M.Rondo:”Groan … Le,simbok yo not tofu,tanyak just with assistant. I have paid expensive, 1 Rp's semester 1.500.000,- ngasih's shuttlecock information not can.
Assistant:”Mbok … don't corruption why sih, bayaranku just Rp 100.000,- Rp's count 1.500.000,-Let taken for by kuaya gitu ta. Application information problem … until today, have available 999 manager participants.
A.Moss:”Wuah … buanyak's enough also yes … .Bagaimana with today.”
Assistant:”Until this second, we still to wait.”
M.Rondo:”Kowe iki wis kebelet tenan ta, patient few why sih, we sit out until a lot of girl that apply for.”
Choral:”kulonuwun … spada … ”
M.Rondo:”There, Ten. Attempt is seen,maybe … it that wants to apply for.
Assistant:”Yes lets to please inputs must this lovely miss wants to apply for Ande Ande's managers mosses.
K.Abang:”Really really assistant, we want to register.”
Assistant:”May … may … but available many stipubtings, its requisite what mbok?”
M.Rondo:” You this gimana sih,Ten. Wong appends was fledged be taken photograph copy and is minimized again,your term forgets … .waktu UAS Kemaren your cannikin puts on for ngrepek.”
Assistant:” Tut mbok I remember am at cloth pocket,eh … by the way problem ngrepek brazes next door iku lho mbok, have once ketahuan Light Pack lecturer Wachid,yes shy cannikin mbok yes … ”
M.Rondo:”Eh … iku hush hush,have read stipubting even it.”
K.Purple:”Lho is shuttlecock uses stipubting all kayak ngelamar just talk shop.”
K.Abang:”Sir assistant your … doesn't hesitate we dong … .Apa we kuranbg lovely?”
Assistant:”Heh …! Don't fastidious yes ….! If not wants going only from here!”
Choral:”Eh iya … iya …! We kept faith will obey all its stipubting!”
Assistant:” Eh … the whole lot, listen carefully yes..”
Requisite 1: Shall lovely,and PPL'S graduate i. acc of Pri's Pack.
Requisite 2: Shall voice melodious alias can warble and A's point
Requisite 3: Shall follow health test, can run 100 m without gets A's breath and point of Mungit's Packs.
Syarat4: Lip shall fledged and not harelip,articulation shall be clear. Let if at what apain can delicate.
Gimana have jalas its stipubting. I call participant 1 klenting Abang ….
Assistant:”While is it Announcement!”
K.yellow:”kulonuwun … spada … permit my … … wants to sign in.”
Assistant:” Please … please …,but as participant other, ms has pock some persyratan as participant other, its stipubting as follows:
Requisite 1: Shall lovely,and PPL'S graduate i. acc of Pri's Pack.
Requisite 2: Shall voice melodious alias can warble and A's point
Requisite 3: Shall follow health test, can run 100 m without gets A's breath and point of Mungit's Packs.
Syarat4: Lip shall fledged and not harelip,articulation shall be clear. Let if at what apain can delicate.
Mbok this there is girl which wants to apply for again, but it any other mbok its odor mak nyoss … Whats you readily.”
M.Rondo:” Odor groan what this, nduk sees your foot, may you nginjak cat droppings, eh apparently your odor that not delicate.”
Assistant:”While is it announcement,base trilateral meeting result among me,mbok rondo and ande ande's manager moss, therefore its decision result is …….
Klenting abang: Of pengetesan's result, you strike HIV'S virus.
Klenting is Blue: Of pengetesan's result you often smoke and miniman's drink hard, effect salh intercourse.
Klenting Ijo: Of pengetesan's result, and … was seen from scrawny you physical and paerutmu outgrows,you strike cacingan's disease.
Klenting is Purple: Of pengetesan's result, you most anaemic …. And appears from pale you face.
So in conclusion, all can't keep in good health,so every thing not acceptable and its cheek appears sun yuyu's ex straddles.
Klenting yellows … of yielding pengetesan you free disease, so you which are chosen.”
A. moss:”diajeng … eventual you I find.

Putri Salju

Putri Salju
Pimpinan Produksi: Drs. Heru Subrata, M.Si.
A. 1. Stage manager : Andika Dafi
2. Sekretariat : Anis Sholikah
3. Bendahara : Nency Putri Muldash
4. Sutradara : Gunawan Effendy
5. Astrada : Dian Wahyu M
6. Pencatat Adegan : Sepsi Prawesti
7. Rias Busana : Eko Setyowati
8. Tata rias : Runi Puspitasari
9. Tari / gerak : Nita Carita
10. Musik suara : Sulis Andayani
11. Panggung : Heri Fainurrahman
12. Lampu : Heri Fainurrahman
13. Effect : Erna Dewi Widia
Cerita “Putri Salju yang tertidur” merupakan cerita fiktif dalam cerita ini menggambarkan kisah seorang putri salju yang dibuang ke hutan oleh kakak kandungnya sendiri yaitu putri Cemara, karena di merasa iri kepada putri salju, karena di merasa bahwa Raja dan Ratu akan memberikan jodoh yang lebih baik kepada putri Salju. Putri Salju setelah dikasih minuman oleh Putri Cemara akhirnya tertidur dan kemudian dibuang di hutan 7 Kurcaci. Ditengah hutan itu Putri Salju yang tidur itu ditemukan oleh 7 Kurcaci yang kemudian mengadakan sayembara untuk dapat membangunkan Putri Salju yang akhirnya dijadikan pendamping hidupnya.

Pangeran yang ikut sayembara harus melalui 4 tantangan dari 7 Kurcaci yaitu Kurcaci Pintar, Kurcaci Penyanyi, Kurcaci Lemot, Kurcaci Diplomat, Kurcaci Centil, Kurcaci Makan, Kurcaci Tidur. Dan Pangeran tersebut harus lulus dalam 4 tantangan agar mempunyai kesempatan untuk membangunkan Putri Salju. Setelah beberapa pangeran gagal, suatu hari ada 1 pangeran yang lolos dalam sayembara itu, yaitu Pangeran dari Kerajaan Moestopo dan sesuai dengan petunjuk dalam botol racun yang diminum Putri Salju, Pangeran harus bernyanyi lagu bintang kecil vokal ‘v’ sambil mengitarinya dengan berlompat-lompat 3 kali kemudian mencium Putri Salju yang akhirnya terbangun dan bertemu dengan Pangeran. Akan tetapi tak berapa lama Pangeran merasa haus dan meminum racun dalam botol yang ia temukan dan setelah minum itu Pangeran merasa ngantuk dan tertidur Pulas Putri Salju jadi bingung dan memanggil-manggil pangeran yang udah tidur.
Babak I
(Dansa Raja dan Ratu)
Raja : Dinda kau lihat awan beringin itu, indah sekali, udara pagi yang menyegarkan, burung-burung berkicauan. Lihat itu ada kupu-kupu mereka selalu beriringan menghinggapi bunga, sungguh pagi yang cerah.
Ratu : Iya, Kanda. Saya juga merasa seperti itu, pagi ini sepertinya lain banget dari biasanya semuanya indah banget. Jadi teringat waktu kita pacaran dulu, kita selalu di taman, di kebun. kita mencari bunga, kita melihat kupu-kupu mendengar suara burung, ahh…. pokoknya romantis banget Kanda.
Raja : Iya Dinda. Eh,.. Kanda jadi pengen…
Ratu : Pengen apa…… pengen apa…… ?
Raja : Nggah deh, nggak jadi. Udah tua gini, nanti kan dilihat penonton malu……..
Ratu : Kanda ce…aneh-aneh saja. Udah kayak gini masih pengen, kan udah punya 2 anak, udah besar lagi.
Raja : Oh ya, Dinda. Apa Dinda tidak merasa kalau putri-putri kita udah besar, sudah waktunya mereka hidup sendiri.
Ratu : Lho….Kanda itu gimana toh? Mereka setiap hari hidup sendiri. mereka lho udah bisa jalan sendiri, mandi sendiri, makan sendiri.
Raja : Aduh… aduh… Dinda ini loh sudah tua kok masoh oon Maksudnya, sudah waktunya mereka menikah berumah tangga.
Ratu : Oh…berumah tangga toh…
Raja : Gini lho Dinda, Kanda sudah menyiapkan beberapa kerajaan yang punya stok Pangeran, stoknya bagus–bagus.
Ratu : Lho… Kanda ini bagaimana sih… mau nyarikan Pangeran atau nyari barang.
Raja : Ya udah… udah… itu masalah nanti yang penting sekarang kita putri-putri kita. Coba sekarang Dinda panggil anak-anak kita.
Ratu : Putri Salju, Putri Cemara, kesini sayang……
Putri Cemara . : Bunda ini gimana sih… enak-enak kutekan kok dipanggil, jadi rusak nih kukuku.
Putri Salju : Ada apa Bunda? kok pagi-pagi panggil Putri Salju.
Ratu : Putri Salju, kok pakaianmu kayak gini, kenapa sayang?
Ratu : Lho… lho… Ngapain kamu kayak gitu, khan ada pembantu!
Putri Cemara : Enak aja, semua pembantu sudah aku suruh mudik. Ada yang aku pecat, ada yang aku suruh pulang. Kalau kita sudah punya Putri Salju, ngapain kita punya pembantu.
Raja : Lho… Iho… tunggu dulu, disini yang jadi Raja kan Ayah. Jadi ayah yang jadi kepala keluarga. Jadi Ayah yang pantas mengambil kebijakan-kebijakan seperti itu.
Putri Cemara : Ah, Ayah cerewet, udah tua, bau lagi …
Ratu : Sudah… sudah kalian .jangan bertengkar. Kanda… ! Tadi katanya mau membicarakan masa depan putri-putri kita.
Raja : Oh iya? Putri Salju, Putri Cemara. Ayah punya rencana menikahkan kalian dengan pangeran-pangeran yang kita pilih. Coba Putri Cemara kamu kesini. Kamu pingin Pangeran yang bagaimana?
Putri Cemara : Aku pingin yang ganteng, kaya, putih, tinggi, punya mobil mewah. pokoknya punya semuanya deh…
Raja : Ya udah nanti Ayah carikan. Putri Salju. coba kamu kesini. Putri pingin Pangeran yang bagaimana?
Putri Salju : Emm.., Kalau aku sih. gak usah muluk-muluk Ayah yang, penting dia balk hati, berbakti kepada orang tua, sayang sama aku dan pengertian. Aku juga gak perlu dari keluarga kerajaan yang penting, dia setia.
Raja : Kamu memang putri yang patut Ayah banggakan, ya udah sekarang Ayah sama Bunda mau mencarikan Pangeran buat kalian.
Ratu : Bunda mau calling beberapa Kerajaan yang punya stok pangeran yang kalian inginkan.
Putri Cemara : Kamu… cepat kerjakan apa tadi aku suruh. Itu… ! Buang sampah itu.
Putri Salju : Ya… ya… ya… Kak.
Putri Cemara : Pasti Ayah dan Bunda memberikan sesuatu yang lebih baik untuk Putri Salju daripada aku. Lebih baik aku kerjain dia ah… Untuk aku tadi bawa ini, setelah minum ini dia akan pingsan lama. Dia tidak akan terbangun, kecuali ada Pangeran baik hati yang sudi mencium dia, kemudian menyanyikan lagi “Bintang Kecil” dengan vocal “U” dan berlompat-lompat mengitarinya 3 kali. Ah… tapi itu mustahil. Putri Salju adikku sayang, kesini deh… Apa kamu tidak haus? Ini kakak bawakan minuman. Mau minum gak?
Putri Salju : Ah… gak ah…aku gak haus.
Putri Cemara : Nggak, kamu minum aja, Kakak susah payah buatin untuk kamu Pokoknya kamu harus minum ini. Ayo cepat habiskan.
Putri Salju : Iya, … iya… Kak. Aku minum deh…
Putri Salju menari dengan cemara….kemudian cemara membuangnya.
Putri Cemara : Ha… ha… ku buang kau ke hutan 7 kurcaci sekarang.

Babak II
(Tari Kurcaci)
K, Pintar : Semua Kurcaci cepat baris……
Oke sekarang aku mau absen kalian satu persatu, sekalian laporan ya… Kurcaci penyanyi…
All Kurcaci : Yuukkk,..
K. Penyanyi : Do… re… mi… fa. . Aku udah ikut beberapa audisi nyanyi … sol…la… dan aku udah lolos ke babak selanjutnya yaitu babak semifinal juga… si… do…
K. Pintar : Kurcaci Makan……
K. Makan : Aku udah menyiapkan makan slang kita… Semua sudah memenuhi 4 sehat 5 sempurna 6 kenyang…tapi tepung terigu di dapur habis.
K. Pintar : Iya… iya nanti aku transfer uang itu dari ATM ku ke ATM1 mu irus kamu beli terigu di tokonya Heru sebelah Kali Jagir itu… Kurcaci Diploma…
K. Diplomat : I.apor…. Tadi aku udah membantu beberapa orang buat berdemo, termasuk membantu korban Lapindo berorasi di depan Istana Negara.
K. Pintar : Kamu boleh berdemo dimana-mana… Demo masak kek- demo obat kek…demo beroda tiga kek… (itu bemo). Tapi jangan luka tugasnya sebagai mahasiswa.
K. Diplomat : Iya… iya… IP ku tinggi kok 3,65… cum laode kan.
K. Pintar : Bagus… Kurcaci Centil…
K. Centil : Tenang aja…akikdah udah bersihin rumah ampe bersih…,udah akikah pel…, jendel bersih pokoknya bersih… sih… sih… Awas kalau ada yang kotor-kotor… tak omelin ampe ngompok di tempat lho…
K. Pintar : Terakhir… Kurcaci Tidur… …
K. Tidur : Eh… maap… bukan… saya malas tapi… eh… maap… saya. maap.. saya baru bangun tidur…
All : Huh….. (sambil lembar kertas-kertasan)
K. Lemot : Sebelum ditanya aku ngomong aja ya… tadi setelah aku ngasih makan kucing… eh… aku cuman bengong di kamar…
Temannya bawang…??
All : Capek deh…
K. Lemot : Aku kan lemot…
K. Pintar : Sudah–sudah jangan bertengkar…Kita habis ini kedatangan tamu lagi.
K. Lemot : Eh… tamu siapa lagi… ??
K. Pintar : Kita kedatangan Pangeran……
Dia pengen mengikuti sayembara yang sudah kita adakan 5 tahun ini. Sayembara yang kita adakan untuk membangunkan Putri Salju yang cantik ini……
K. Tidur : Tapi… pintar… setelah kita temukan dia 5 tahun lalu… kemudian kita mengadakan sayembara pencarian Pangeran buat dia. Banyak sekali Pangeran yang datang tapi semuanya kau tolak…
K. Pintar : Habis… mereka tak bisa lulus ujian. Lagian kalah semua… ..
K. Lemot : Memangnya dia siapa sih…?? Sejak 5 tahun lalu aku temukan dia sampe sekarang aku gak tahu siapa dia dan kenapa dia tidur-tiduran di hutan kita…
K. Pintar : Dasar lemot…berkali–kali aku jelaskan pun kamu tetep aja lemot… melihat gaunnya dia berasal dari kerajaan PGSP… membau harumnya, dia bernama Salju… dan mendengar dengkurannya, dia meminum racun kiss of love, seperti yang aku temukan di samping tubuhnya 5 tahun lalu yang bertuliskan barang siapa yang bisa membangunkan Putri Salju dengan syarat menyanyikan lagu Bintang Kecil bervokal “U” dengan berlompat-lompat mengitarinya 3 kali, lalu menciumnya, niscaya Putri Salju akan terbangun.
K. Centil : Ada yang datang… cepat sembunyi… !
(Tari Pangeran dan Cecunguk)
Cecunguk : Ah ….. Ini siapa ya ? Kok ada putri cantik di hutan tidur sendirian. Pangeran …… pangeran……
Pangeran : Ada apa nyet ….kok panggil-panggil, gak tahu saya sedang sibuk.
Cecunguk : Maaf Pangeran, ini loh … saya melihat seorang putri di tengah hutan. Lihat Pangeran !
Pangeran : Wah ….. kau benar, putri ini cantik ….. sekali. Kenapa ok tidur sendirian di tengah hutan. He…he nyet, kamu tahu gak siapa putri cantik jelita ini ?
Cecunguk : Saya tidak tahu Pangeran, saya tadi menemukannya sudah begini.
Pangeran : siapa dia??? Cantik sekali ….. mungkin dia putri yang disayembarakan.
K. Penyanyi : Lai…..lai….lai….. lai…..lai….lai, Eh …. Siapa kalian? Jangan pegang dia, sana, sana , jangan deket-deket…..
K. Centil : Aduh…..ada apa ya? He……. Penyanyi, siapa dia kenapa dia bisa disini?
K. Penyanyi : Iniloh….gak tahu siapa tiba-tiba aja dia disini? Udah sana pergi….
Cecunguk : Eh…… tunggu…. Kamu ini siapa? Berani-beraninya berbuat tidak sopan kepada Pangeran.
K. Centil : Pangeran ….. Pangeran darimana? Dari Hongkong
Cecunguk : Eh ….. gak percaya, dia benar-benar Pangeran tahu…..
Pangeran : Perkenalkan, saya Pangeran Gunawan dari Kerajaan Moestopo, PGSD…..
K. Penyanyi : Buktikanlah bila Engkau Pangeran (nyanyi lagu Raja) Mana…. Mana buktinya?
K. Centil : Iya…..ya dilihat dari atas ke bawah, samping kanan, kiri gak ada tampang Pangeran tuh ….
Cecunguk : Eh….eh…..jangan sembarang, lihat pakaiannya dong!
K. Penyanyi : Memang sih pakaiannya bagus, tapi tampangnya itu loh pas-pasan.
Pangeran : Bagaimana kalian berdua ini? Saya dibilang tampang pas-pasan, tampang ganteng kayak Raden Mas Heru Subrata gini dibilang pas-pasan. Iniloh KTP saya!!
K. Centil : Kartu Tanda Penduduk kan? Iya…kan…
Pangeran : Kartu Tanda Pangeran tahu ….
K. Penyanyi : Eh … mana centil, aku lihat dong! Oh benar ya..ya udah kalo gitu.
K. Centil : Eh… ngomong-ngomong Pangeran tahu gak, ada sayembara di sini! Tahu gak?
Pangeran : Ya tahulah… makanya saya datang kesini!
K. Penyanyi : Jadi Pangeran tahu gakya, ehm…sudah banyak pangeran yang datang untuk mengikuti sayembara ini, tetapi tidak ada satupun yang lolos. Ku harap kali ini Pangeran yang berhasil.
Pangeran : Ya….iyalah….. Pangeran!!! (gaya Aming)
K. Centil : OK!….Pangeran harus melalui4 tantangan dari 7 kurcaci. Jika salah 1 ada yang tidak lulus, maka pangeran gagal untuk mendapatkan Putri Cantik.
Pangeran : Baiklah…..soal itu gampang, terus kapan dimulai?
K. Penyanyi : Tahun depan …. Ya sekarang dong Pangeran, pliz deh ….
Pangeran : Yo wes, apa tantangannya?
K. Penyanyi : Gini ya….tantangannya, Pangeran harus bernyanyi dengan gaya centil… lagunya terserah pangeran. Sanggup gak?
Pangeran : OK lah, aku mulai sekarang (Pangeran bernyanyi)
K. Penyanyi + K. Centil : Ya…lumayan…lumayan
K. Penyanyi : Tantangan selanjutnya dari Kurcaci Diplomat dan Kurcaci makan.
K. Penyanyi + K. Centil : Kurcaci Diplomat dan Kurcaci Makan, cepat keluar….! Cekarang giliran kalian.
K. Diplomat : Ya…ya aku keluar, eh….makan cepat kesini, lambat amat jalannya….
K. Makan : Ya…aku datang, aku kan lagi makan…
K. Diplomat : Makan aja kerjanya, sekarang giliran kita…..
Cecunguk : Eh…..kalian ini gimana sih…..kok malah ngomong sendiri
Gak lihat apa ada pangeran, hargai dong….
Pangeran : Udah…..udah……..Nyet, sekarang kalian berdua mau kasih tantangan apa buat aku?
K. Makan : Ehm….. gini pangeran, pangeran harus berorasi yang berkaitan dengan makan memakan.
K. Diplomat : Gimana sanggup gak pangeran?
Pangeran : What? Tentang makan memakan….. kalau tentang yang lain boleh gak?
K. Diplomat : Ya…….gak boleh dong pangeran, itusudah diputuskan.
Pangeran : Ya…..OK deh kalau gitu, Nyet bantuin aku ya nanti?
Cecunguk : Ya pangeran, pasti …..
Pangeran : (Berorasi tentang makanan), gimana bagus nggak?
K. Makan : Ya…..lumayan pangeran, mak nyus, nendang di lidah
K. Diplomat : Ya…..lumayan kok, cukup menarik, sekarang selanjutnya dari Kurcaci Tidur dan Kurcaci Lemot.
Pangeran : Ada lagi ya?
K. Makan : Ya…..iyalah…….
K. Makan + K. Diplomat : Kurcaci Tidur Lemot, cepet keluar sekarang giliranmu….
K. Tidur : Ya…….. ya…….aku datang ama Kurcaci Lemm….
He…..lemot kesini, ngapain disitu?
K. Lemot : Oh…..aku ya….ngapain kita tidur.
Pangeran : Aduh……kamu ini gimana sih kamu ama dia ngajuin tantangan buat aku, duh….Lemot banget.
K.Lemot : Oh ya…….aku lupa
Cecunguk : Udah…….cepat katakan tantangan buat pangeran
K. Tidur : Ya…..ya….ehm…..pangeran harus bercerita sambil menirukan gaya binatang dalam cerita itu. Ingat pangeran!! Sampai aku tertidur loh….
Pangeran : Berarti harus cerita binatang dong?
K. Lemot : Ya….pangeran sanggup nggak?
Pangeran : Ya….iyalah, aku mulai sekarang ya….
(bercerita sambil menirukan gaya binatang)
Gimana bagus kan?
K. Tidur : (duduk sambil tertidur)
K. Lemot : Bagus pangeran. Tu lihat, si Tidur mendengkur, ya udah, sekarang tantangan lanjutnya dari Kurcaci Pintar, pangeran…..
Pangeran : Ini yang terakhir kan
K. Lemot : Ya……ya….
Kurcaci Pintar, sekarang giliranmu…
Eh, tidur ayo pergi (sambil mengoyak-oyak si tidur).
K. Pintar : Iya nih, aku udah siap dari tadi. Aku dari tadi udah nyiapin seribu pertanyaan, nah pangeran sudah siap belum, semua pertanyaan ini akan menjadi keberhasilan pangeran.
Cecunguk : Lho….lho….kok 1000 pertanyaan sih, kebanyakan tau!!! 500 ajak ya, yang 500 kan bisa dibeliin krupuk…!
Pangeran : Kamu bagaimana sih Nyet, ini lho tes penentuan, pikiranmu kok makanan melulu, 1000 pertanyaan ditawar jadi 500, emangnya aku mampu apa??
Cecunguk : Emangnya pangeran mampu apa?
Pangeran : Eng….gak, jangankan 1000 pertanyaan, 500 pertanyaan aja udah bikin rambutku rontok, bisa botak nih, gantengku ilang donk. Gimana kalo 3 pertanyaan aja? (sambil ngerayu Kurcaci Pintar).
K. Pintar : He….he….he, pertanyaan belum keluar kok repot sendiri. Apa jadinya negeri ini kalo pemimpinnya seperti pangeran, ya udah satu pertanyaan ae… aku juga gak mau repot.
Pangeran : Terima kasih Kurcaci Pintar, sekarang sya sudah siap. Apa gerangan pertanyaannya.
K. Pintar : Begini pangeran, ada filsafat tua mengatakan. Ketika pagi dia merangkak, ketika siang dia berjalan, ketika sore dia merunduk, dan ketika malam dia tertidur. Apakah itu Pangeran?
Pangeran : Ketika merangkak berarti dia lahir, ketika siang dia berjalan berarti tumbuh, ketika sore dia merunduk berarti sudah tua, dan ketika malam dia tidur deh… jawabannya pasti manusia.
K. Pintar : Tantang sudah pangeran lewati dengan baik, tetapi saya akan berunding dengan Kurcaci lainnya. Semua Kurcaci cepat masuk.
(All Kurcaci masuk dalam panggung)
All Kurcaci : BERUNDING!!!!
K. Pintar : Setelah kita berunding, bermusyawarah akhirnya saya memutuskan bahwa pangeran berhasil.
Pangeran : Yes…yes…yes….
K. Diplomat : Eh….. jangan senang dulu, pangeran harus bisa membangunkan Putri cantik itu. Pangeran harus bernyanyi lagu bintang kecil dengan vokal U lalu mengitarinya sambil berlompat-lompat 3 kali, lalu menciumnya.
Pangeran : OK….. lah kalau gitu (pangeran mulai beraksi membangunkan putri cantik itu) Putri….ternyata kau lebih cantik dari yang digambarkan di sayembara.
Putri Salju : (Tersenyum malu) Ah… Pangeran bisa aja, jadi malu nih …
Pangeran : Putri….
Putri Salju : Pangeran….
Pangeran : Putri…..aku….aku….haus, aku minum dulu ya. Disini ada botol minuman kecil, aku minum ah….
Putri Salju : Eh….Pangeran jangan di minum.
Pangeran : Putri…… setelah minum kayaknya aku ngantik nih, bobok dulu ah….
Putri : Pangeran….Pangeran…..kok tidur sih, Pangeran……
1. Setting Panggung
Pada babak pertama : Berada pada sebuah kerajaan.
Setting ditata dengan 2 gerbang dan beberapa tanaman
Pada babak kedua : Berada pada sebuah hutan belantara.
Setting ditata dengan sebuah replika pohon besar di tengah dan beberapa tanaman di sampingnya.
2. Kostum
- Raja : Jas + Mahkota
- Ratu : Gaun + Kipas + Mahkota
- Putri Salju : Gaun Putih + Bando Malaikat
- Putri Cemara : Gaun Merah + Bando Iblis
- Pangeran : Jas + Mahkota
- Cecunguk : Baju Gatotkaca.
- Kurcaci Pintar : Kostum warna coklat (kaos + topi + kaos kaki + celana pendek + kaca mata + kamus).
- Kurcaci Centil : Kostum warna pink (kaos + topi joshua + kaos kaki + celana pendek + kipas + tas).
- Kurcaci Tidur : Kostum warna biru (kaos + topi joshua + kaos kaki + celana pendek + bantal+ sandal tidur).
- Kurcaci Penyanyi : Kostum warna biru (kaos + topi joshua+ kaos kaki + celana pendek + selendang bulu + mix).
- Kurcaci Lemot : Kostum warna pink (kaos + topi joshua + kaos kaki + celana pendek).
- Kurcaci Diplomat : Kostum warna hijau (kaos + topi joshua + kaos kaki + celana pendek + sleyer).
- Kurcaci Makan : Kostum warna hijau (kaos + topi joshua + kaos kaki + celana pendek + makanan kecil + kalung garpu sendok).
1. Raja : Heri Fainurrahman
2. Ratu : Sepsi Prawati
3. Putri Salju : Dian Wahyu M
4. Putri Jahat : Runi P
5. Pangeran : Gunawan. E
6. Cecunguk : Andika Dafi
7. K. Penyanyi : Sulis. A
8. K. Makan : Analita R
9. K. Lemot : Anis S
10. K. Centil : Nency PM
11. K. Pinter : Wati
12. K. Diplomat : Nita Carita
13. K. Tidur : Erna DW

Putri Salju Versi Englis

Snow daughter
Chairman of Production: Drs. Heru Subrata, M. The.
A. 1. Stage manager: Andika Dafi
2. Secretariat: Sholikah's anise
3. Bursar: Nency is Muldash's Daughter
4. Stage manager: Effendy's noble
5. Astrada: Apocalypse oil lamp m
6. Scene marker: sepsi Prawesti
7. Make-up Cloth: setyowati's echo
8. Manner makes-up: Runi Puspitasari
9. Dance / power: Nita Carita
10. Voice music: Sulis Andayani
11. Bandstand: Heri Fainurrahman
12. Lamp: Heri Fainurrahman
13. Effect: Erna is Widia's Goddess
Story “ asleep Snow Daughter ” constitute fictitious story in this story figure story a snow daughter that is discarded goes to forest by sister contain which is daughter Cemara, since at envies to snow daughter, since at perceives that King and Queen will give the better couple to Snow daughter. Afters Snow daughter at potion love by Cemara's Daughter finally asleep and then is discarded at forest 7 kurcaci. Intermediated by that forest sleeping Snow Daughter it found by 7 kurcaci is next arrange sayembara to get arouse Snow Daughter that finally been made its life associate.

Following prince sayembara shall pass through 4 darings of 7 kurcaci which is kurcaci Smart, kurcaci is Singer, kurcaci Lemot, kurcaci is diplomat, Coquettish kurcaci, kurcaci Eats, kurcaci Gets Asleep. And that Prince has graduate in 4 that daring have chance to arouse Snow Daughter. After umpteen prince fails, some day available 1 prince that gets away in sayembara that, which is Prince of Moestopo's monarchy and according to road map in toxicant bottle that drunk by Snow Daughter, Prince shall little star song singing vocalic ‘ v ’ while run around it by gets jumping up and down 3 times then kiss Snow Daughter that finally gets up and meet by Prince. But then is not how long Prince perceive thirsty and drink poison in bottle that it finds and after drink it Prince perceives ngantuk and Daub asleep Snow Daughter off balance and calls prince that udah gets asleep.
I. act
(Reigning rumba and Queen)
King: dinda you sees that banyan tree cloud, exquisite, morning air that cools down, bird get chirp. That see available their butterfly always get accompaniment to light upon flower, severely morning sunny one.
Queen: Iya, Brother. I also perceive such a, this morning seems to be other banget of usually the whole lot beautiful banget. So thinkful pacaran's time before, we always at garden, at garden. we look for flower, we see butterfly hear bird voice, ahh …. in essence romantic banget Brother.
King: Iya dinda. Eh,.. Brother want becomes …
Queen: Wantn whats …… want what ……?
King: Nggah deh, not so. Udah is gini's old, later cannikin was seen to stop the show ……'s shame..
Queen: ce's brother … exotic only. Udah kayak gini stills pengen, udah's cannikin of 2 child, udah outgrows be.
King: Tut, dinda. Don't dinda perceive if our daughters udah outgrows, have their time live alone.
Queen: Lho …. That brother gimana toh? They everyday live own. they lho udah can own clear a root, alone bath, alone eating.
King: Groan … groan … dinda this loh was old masoh oon's shuttlecock Fathoms A Meaning, have their time get married to have family.
Queen: Oh … has family toh …
King: Gini lho dinda, Brother has made ready severally monarchy which have stok Prince, stoknya bagus–bagus.
Queen: Lho … its Brother how sih … wants nyarikan Prince or nyari is goods.
King: udah's yes … udah … it problem waits for that important present our daughter. dinda's present attempt calls our children.
Queen: Snow daughter, Cemara's daughter, here darling ……
Cemara's daughter. : This mother gimana sih … delicate I press called shuttlecocks, so damage nih my nail.
Snow daughter: What is on Mother? shuttlecock in the morning Snow Daughter call.
Queen: Snow daughter, your dress shuttlecock kayak gini, why is darling?
Queen: Lho … lho … Ngapain you kayak gitu, khan available assistant!
Cemara's daughter: aja is delicate, all assistant have I inland errand. There is that I dismiss, there is that I enjoin to go home. If we have have Snow Daughter, ngapain we have assistant.
King: Lho … Iho … waits before, herein one mounts the throne Father cannikin. So father which becomes patriarch. So Father which seemly take such a policy.
Cemara's daughter: Ah, Fastidious father, udah is old, odor again …
Queen: Have … have you .jangan wrangles. Brother …! Previously allegedly wants to speak our daughter futures.
King: iya's oh? Snow daughter, Cemara's daughter. Father has plan menikahkan you with princes that our elective. Cemara's Daughter attempt you here. You pingin Prince that how?
Cemara's daughter: Good-looking pingin I, rich, white, high, have luxurious car. in essence have every thing deh …
King: udah's yes waits for swatch Father. Snow daughter. your attempt here. pingin's daughter Prince that how?
Snow daughter: Emm.., If I sih. not usah highfaluting which Father, balk's essential heart, get faith to oldster, darling with me and savvy. I also not need from important monarchy family, she is faithful.
King: You really daughter which deserving of boast Father, udah's yes now Father with Mother wants mencarikan Prince for you.
Queen: Mother wants umpteen calling monarchy which have stok prince that you want.
Cemara's daughter: You … quick work what previous I enjoin. That …! That waste throwing away.
Snow daughter: Yes … yes … yes … Kak.
Cemara's daughter: Must Father and Mother give the better something for Snow Daughter than me. My better job she ah … For me previously take in it, after drinks it she will faint long time. She won't get up, but there is kindhearted Prince that sudi kisses her, then singing again “ little Star ” by vocal “ u ” and gets jumping up and down to run around it 3 times. Ah … but it blue moon. Sister Snow daughter my fond, here deh … What you are not thirsty? This sister takes potion. Want drink not?
Snow daughter: Ah … not ah … me not thirsty.
Cemara's daughter: Not, you drink aja, Sister pains buatin to you In Essence you shall drink it. Ayo quick eats up.
Snow daughter: Iya, … iya … Kak. I drink deh …
Snow daughter dances with cemara … .kemudian cemara discards it.
Cemara's daughter: Ha … ha my … you throwing away to forest 7 kurcaci now.

Act II.
(kurcaci's dance)
K, Smart: All kurcaci quick ……'s row
My present okay want to absent you by piece, all together yes reporting … kurcaci singer …
All kurcaci: Yuukkk,..
K. Singer: Do … re … mi … fa.. I udah comes on many audition warble … sole … la … and I udah gets away to go to succeeding acts which is semifinal act also … the … do …
K. Smart: kurcaci Eats ……
K. Eating: I udah makes ready to eat our hose … all have accomplished 4 healthy 5 perfect 6 is full … but whole-wheat at depleted kitchen.
K. Smart: Iya … iya waits for I that money transfer from ATM I go to your ATM1 irus you buy wheat at Heru's shop next door Time Jagir that … kurcaci diploma …
K. Diplomat: I. apor …. Previously me udah helps some bodies for gets demo, including help Lapindo Berorasi's victim is in front State Palace.
K. Smart: You may get demo at all points … Demo cook kek kek's doctor demo … kek's three-wheeled demo … (that bemo). But don't its task wound as college student.
K. Diplomat: Iya … iya … my IP shuttlecock high 3,65 … cum laode cannikins.
K. Smart: Nicely … kurcaci Coquettish …
K. Coquettish: aja's peace … akikdah udah clean slate ampe's house clean slate …,udah is storage battery mops …, jendel is clear in essence clear … sih … sih … Caution if there is that mess … not omelin ampe ngompok at lho's place …
K. Smart: Last … kurcaci Gets Asleep … …
K. Sleep: Eh … maap … is not my … lazy but … eh … maap my …. maap.. i am new built sleeping …
All: Huh ….. (while kertasan's sheet of paper)
K. Lemot: Before asked by I ngomong aja yes … previous after me ngasih eats cat … eh … me crestfallen cuman at room …
Its friend is onion …??
All: Tired deh …
K. Lemot: I am lemot's cannikin …
K. Smart: Sudah–sudah don't wrangle Our … depleted it arrival expects a guest be.
K. Lemot: Eh … guest who again …??
K. Smart: We are ……'s Prince arrival
She pengen follows sayembara already we arrange 5 its years. Sayembara that we arranges to arouse pretty Snow Daughter it ……
K. Sleep: But … smart … our afters finds she 5 last year … then we arranges sayembara Prince search for her. A great many Prince which comes but you the whole lot refuses …
K. Smart: Nothing left their … graduate can't sit for an examination. Moreover defeat all …..
K. Lemot: Really she who sih …?? Since 5 last year I find she sampe now I not tofu who she and why her kips at our forest …
K. Smart: lemot's basic … berkali–kali I even word you tetep aja lemot … see her gown comes from PGSP'S monarchy … membau its fragrance, she named Snow … and hears its grunting, she drinks kiss of love's poison, as one I find beside its body 5 last year that get to set down whom ever which can arouse Snow Daughter by condition of sing little Star song get vocalic “ u ” by get jumping up and down to run around it 3 times, then kisses it, undoubtedly Snow Daughter will get up.
K. Coquettish: There is that coming … dissembling quick …!
(Prince and Cockroach dance)
Cockroach: Ah ….. This who yes? Shuttlecock available pretty daughter at alone sleeping forest. ……'s prince ……'s prince
Prince: What is on nyet … .kok calls, not my tofu be busy.
Cockroach: Prince apology, this loh my … sees a daughter in the middle forest. Prince see!
Prince: Whew ….. you correctness, this daughter lovely ….. really. Why is alone sleeping OK in the middle forest. He … he nyet, you know not who pretty daughter this comely?
Cockroach: I don't know Prince, I previousing to find it have begini.
Prince: who is she??? Lovely once ….. may she daughter that disayembarakan.
K. Singer: Lai ….. lai …. lai ….. lai ….. lai …. lai, Eh … . Who you? Don't hold her, there, there, don't deket deket …..
K. Coquettish: Groan ….. what is on yea? He ……. Singer, who is she why she can in here?
K. Singer: Iniloh …. not tofu who suddenly aja she in here? Udah there going ….
Cockroach: Eh …… sits out …. You this who? Brave it has done as bold as brass to Princes.
K. Coquettish: Prince ….. Where prince? From Hongkong
Cockroach: Eh ….. not believe, she aptly Prince knows …..
Prince: Introduce, i am Noble Prince of Moestopo's monarchy, PGSD …..
K. Singer: Prove if You Prince (song warble Reigns) Which …. Which is its prove?
K. Coquettish: Iya ….. yes is seen from above downwards, right side, left not available tuh's Prince cutting … .
Cockroach: Eh …. eh ….. don't bungling, its dress see dong!
K. Singer: Really sih its dress lovely, but its cutting that loh snugly pasan.
Prince: How is you both this? I was told by cutting close-fitting pasan, kayak Raden Mas Heru Subrata gini's good-looking cutting is told snugly pasan. My Iniloh KTP!!
K. Coquettish: Islandic Sign card cannikin? Iya … cannikin …
Prince: Princes Sign card know … .
K. Singer: Eh … which coquettish, I see dong! Yes right oh.. udah kalo gitu's yes.
K. Coquettish: Eh … by the way tofu Prince not, there is sayembara in here! Tofu not?
Prince: Yes knows … therefore I come here!
K. Singer: So gakya's tofu Prince, ehm … have a lot of coming prince to follow sayembara this, but no one even that gets away. I please this time Prince is successful.
Prince: Yes …. iyalah ….. Prince!!! (Aming's style)
K. Coquettish: OK!…. Prince that melalui4 shall daring of 7 kurcaci. If false 1 available one drop off, therefore baffled prince to get Lovely Daughter.
Prince: Well ….. that problem is easy, continually when is begun?
K. Singer: Front year … . dong's present Yeses Princes, pliz deh … .
Prince: Yo wes, what is its daring?
K. Singer: Gini is yes … .tantangan it, Prince shall singing in style coquettish … its song given up by prince. Feel equal not?
Prince: OK, I from now on (Singing prince)
K. Singer + K. Coquettish: Yes … goodly … goodly
K. Singer: Challenge of succeeding from kurcaci diplomat and kurcaci eats.
K. Singer + K. Coquettish: kurcaci is diplomat and kurcaci Eats, quick issue ….! Cekarang is your go.
K. Diplomat: Yes … yes I come out, eh …. fast eating here, peer slowing the way ….
K. Eating: Yes … I come, i am cannikin again eating …
K. Diplomat: aja's eating its job, now our go …..
Cockroach: Eh ….. you this gimana sih ….. shuttlecock on the contrary alone ngomong
Not see what there is prince, price dong ….
Prince: Udah ….. udah …….. Nyet, now you both want daring love what for me?
K. Eating: Ehm ….. gini is prince, prince that berorasi shall what do get bearing by eats to eat.
K. Diplomat: Gimana feels equal not prince?
Prince: What? About eating eats ….. if about the other may not?
K. Diplomat: ……'s yes. not that dong may prince, itusudah is decided.
Prince: Yes ….. OK deh if gitu, Nyet helps i am following yes?
Cockroach: Prince yes, must …..
Prince: (berorasi about food), lovely gimana not?
K. Eating: Yes ….. fair to middling prince, mak nyus, nendang at tongued
K. Diplomat: Yes ….. fair to middling shuttlecock, adequately pulls, now succeeding from kurcaci Gets Asleep and kurcaci Lemot.
Prince: There is again yes?
K. Eating: Yes ….. iyalah …….
K. Eating + K. diplomat: kurcaci Gets Asleep Lemot, cepet comes out present your go ….
K. Sleep: ……'s yes.. ……'s yes. I come ama kurcaci Lemm ….
He ….. lemot here, ngapain there?
K. Lemot: Oh ….. i am yes … .ngapa we get asleep.
Prince: ……'s groan you this gimana sih you ama she ngajuin challenge of for me, duh …. Lemot banget.
K.Lemot: Tut …… .aku forgets
Cockroach: Udah ……. quick says daring for prince
K. Sleep: Yes ….. yes …. ehm ….. prince shall relate while simulates animal style in that story. Remember prince!! Until i am loh asleep ….
Prince: Matter shall dong's animal story?
K. Lemot: Yes …. prince feels equal not?
Prince: Yes …. iyalah, I from now on yes ….
(relate while simulate animal style)
Gimana nicely cannikin?
K. Sleep: (seat while asleep)
K. Lemot: Nicely prince. Tu sees, the Sleep grunts, udah's yes, now daring lanjutnya from kurcaci Smart, prince …..
Prince: This the last one cannikin
K. Lemot: ……'s yes yes ….
Smart kurcaci, now your go …
Eh, scat sleep (while mengoyak oyak the sleep).
K. Smart: Iya nih, I udah available of previously. I of previously udah nyiapin a thousand questions, nah is prince was ready haven't, all this question wills be prince success.
Cockroach: Lho …. lho …. shuttlecock 1000 sih's questions, mostly knows!!! 500 ask out yes, one that 500 cannikins can buy in krupuk …!
Prince: You how sih Nyet, this lho essays determination, shuttlecock's think is alimentary merely, 1000 question are bargained so 500, emangnya I can what??
Cockroach: Emangnya is prince can what?
Prince: Eng …. not, let alone 1000 questions, 500 aja udah's questions causes my hair moult, can nih's baldhead, good-looking me ilang donk. Gimana kalo 3 aja's questions? (while ngerayu kurcaci Smart).
K. Smart: He …. he …. he, question was outward alone fuss shuttlecock. What becomes it this country kalo its boss as prince, udah's yes one ae's question … me also not want fuss.
Prince: Thank you kurcaci Smart, now sya was ready. What is gerangan its question.
K. Smart: Begini is prince, there is old philosophy says. While is her morning crawls, while is her noon walks, while is merunduk's evening, and while her asleep night. What it Prince?
Prince: While crawl her matter comes into the world, while is her noon walks growing matter, while is merunduk's evening means was old, and while her night gets asleep deh … answer it must man.
K. Smart: Dare have archduke passes properly, but I will conferred with kurcaci another. All kurcaci quick comes in.
(All kurcaci comes in in bandstand)
All kurcaci: CONFERRED!!!!
K. Smart: After we are conferred, get me eventual deliberation decides that successful prince.
Prince: Yes … yes … yes ….
K. Diplomat: Eh ….. don't pleasingly before, prince shall can arouse that lovely Daughter. Prince shall little star song singing with vocalic u then runs around it while gets jumping up and down 3 times, then kisses it.
Prince: OK ….. if gitu (beginning prince shows off to arouse that lovely daughter) Daughter …. apparently prettier you of one is figured at sayembara.
Snow daughter: (Shy smiling) Ah … Prince that aja can, so shame nih …
Prince: Daughter ….
Snow daughter: Prince ….
Prince: Daughter ….. I …. I …. thirsty, I drink before yes. Herein there is little potion bottle, I drink ah ….
Snow daughter: Eh …. Prince don't at drink.
Prince: ……'s daughter after drink kayaknya I ngantik nih, break open before ah ….
Daughter: Prince …. Prince ….. sih's sleeping shuttlecock, ……'s prince
1. setting is Bandstand
On first act: Lie on one monarchy.
setting set by 2 gates and some crop
On second act: Lie on one wilderness.
setting set by one big tree replication in the middle and some crop beside it.
2. Costume
- King: Overclothes + Crown
- Queen: Gown + Fan + Crown
- Snow daughter: White gown + Bando Angel
- Cemara's daughter: Red gown + Bando Dickens
- Prince: Overclothes + Crown
- Cockroach: Gatotkaca's cloth.
- Smart kurcaci: Brown costume (singlet + hat + sock + breeches + spectacles + dictionary).
- Coquettish kurcaci: pink's colour costume (singlet + joshua's hat + sock + breeches + fan + bag).
- kurcaci Gets Asleep: Blue colour costume (singlet + joshua's hat + sock + breeches + pillow + slipper gets asleep).
- kurcaci is Singer: Blue colour costume (singlet + joshua's hat + sock + breeches + fur muffler + mix).
- kurcaci Lemot: pink's colour costume (singlet + joshua's hat + sock + breeches).
- kurcaci is diplomat: Green colour costume (singlet + joshua's hat + sock + breeches + sleyer).
- kurcaci Eats: Green colour costume (singlet + joshua's hat + sock + breeches + snack + fork necklace ladles).
1. King: Heri Fainurrahman
2. Queen: sepsi Prawati
3. Snow daughter: Apocalypse oil lamp m
4. Criminal daughter: Runi p
5. Prince: Noble. E
6. Cockroach: Andika Dafi
7. K. Singer: Sulis. A
8. K. Eating: Analita r
9. K. Lemot: Anise
10. K. Coquettish: Nency PM
11. K. Pinter: Wati
12. K. Diplomat: Nita Carita
13. K. Sleep: Erna DW

Minggu, 20 Desember 2009

Tak Sengaja

Penemuan Teknologi Yang Tidak Disengaja !

Manusia bisa merencanakan, tapi Tuhan yang menentukan. Demikian pepatah yang sering kitadengar, yang menunjukkan bahwa perencanaan manusia bisa saja berbeda dengan rencana Tuhan sehingga sering terjadi hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan kehendak kita.

Tapi penemuan-penemuan berikut ini, terjadi secara tidak disengaja dan bukan merupakan tujuan sebenarnya dari si penemu. Sebuah “blessing in disguise” atau rahmat Tuhan yangtersembunyi dalam sebuah kejadian yang tidak dikehendaki, itulah kira-kira ungkapan yang tepat untuk penemuan-penemuan berguna yang hingga hari ini masih kita rasakan manfaatnya.

Sebuah pelajaran bagi kita bahwa hal-hal buruk dalam hidup kita dan tidak diharapkan tidak selalu membawa kejelekan, tapi sering kali memberikan kebaikan asalkan kita tetap berpikiran positif dan jeli melihat peluang lain di balik sebuah musibah. Karena kita tidak pernah mengetahui bagaimana “tangan-tangan” Tuhan bekerja membantu kita.

1. Penisilin

Anda mungkin sudah mengenal Alexander Fleming, ilmuwan Skotlandia yang mengadakan penelitian terhadap bakteri yang dilemahkan, yang disebut staphylococci atau stafilokokus. Kejadian yang sebenarnya adalah ketika dia kembali dari liburan dalam 1928, ia menemukan salah satu cawan percobaannya telah ditumbuhi jamur, sehingga membuatnya kesal dan melemparkannya. Pada waktu itu ia belum menyadari bahwa kemudian bakteri stafilokokus tidak mampu hidup di lingkungan yang ditumbuhi jamur fungal.

Setelah Fleming meneliti kembali dan mendapatkan bahwa jamur bisa menghambat pertumbuhan bakteri, dia kemudian menerbitkan penemuannya tersebut namun tidak banyak mendapat perhatian. Kemudian di tahun 1945 setelah riset lebih lanjut dilakukan oleh beberapa para ilmuwan lain, maka baru diyakini bahwa penisilin bisa dihasilkan dalam skala industri, sehingga hal ini memberi jalan untuk pengobatan infeksi atau peradangan oleh bakteri hingga saat ini.

2. Oven Microwave

Dalam tahun 1945 Percy Lebaron Spencer, seorang insinyur dan pencipta Amerika, sibuk bekerja di pabrik magnetron, alat yang digunakan untuk menghasilkan sinyal radio gelombangmikro yang merupakan bentuk awal dari radar. Radar adalah sebuah inovasi luar biasa penting di masa perang, tetapi penggunaan gelombang mikro untuk memasak makanan adalah ketidaksengajaan.


Ketika sedang berdiri di dekat sebuah magnetron yang sedang hidup, Spencer mendapati bahwa batang coklat di sakunya meleleh. Pikirannya yang tajam segera mengerti bahwa itu adalah akibat gelombang mikro. Kemudian dia mencobanya terhadap biji jagung brondong, lalu pada sebutir telur hingga meledak.

Oven Microwave pertama beratnya sekitar 340 kg dengan ukuran sebesar sebuah kulkas.

3. Kerucut Es krim

Kisah ini adalah suatu contoh yang sempurna dari penemuan yang tidak disengaja, dan sebuah kesempatan pertemuan langka yang memberi dampak ke seluruh dunia. Dan merupakan sebuah pertemuan yang manis.

Di awal 1904, es krim disajikan di atas sebuah piring. Sampai suatu ketika di World’s Fair pada tahun itu, di Saint Louis, Missouri, dua bahan makanan yang kelihatannya tidak berhubungan dengan tak terelakkan tersambung bersama-sama.


Pada saat udara sangat panas di World’s Fair 1904, depot eskrim menjual eskrim dengan cepat sampai-sampai kehabisan piring-piring. Depot di sebelahnya tidak seberuntung penjual es krim, yaitu penjual Zalabia – sejenis wafel wafer tipis dari Persia – dan pemilik depot mengusulkan sebuah ide untuk menggulung zalabianya menjadi kerucut dan meletakkan sebongkah es krim di atasnya.

Demikianlah kerucut es krim dilahirkan – dan hingga kini kita masih menemukan es krim dengan kerucutnya, semodern apa pun pembuatan es krim itu.

4. Sampanye

Menurut banyak orang Dom Pierre Perignon dihormati sebagai penemu sampanye. Walaupun sebenarnya biarawan Benedictine abad ke-17 itu tidak bermaksud demikian, yakni membuat anggur dengan gelembung-gelembung udara di dalamnya -karena pada kenyataanya dia telah menghabiskan waktu bertahun-tahun berusaha mencegah hal itu terjadi. Anggur yang penuh dengan gelembung udara dianggap sebagai tanda proses pembuatan anggur yang jelek.


Harapan Perignon sesungguhnya untuk memenuhi pilihan pejabat Prancis berupa anggur putih. Karena buah anggur yang hitam lebih mudah untuk berkembang di daerah Champagne, ia menemukan suatu cara menekan keluar sari buah putih dari anggur hitam. Tetapi karena iklim di Champagne relatif dingin, anggur itu akhirnya mengalami fermentasi setelah dua musim, sampai tahun kedua di dalam botol.

Hasilnya adalah anggur yang dipenuhi gelembung-gelembung gas karbon dioksida yang oleh Perignon dicoba untuk dibersihkan tetapi gagal. Untungnya, anggur baru itu akhirnya menjadi pilihan utama di kalangan aristokrat, baik pejabat-pejabat di Perancis maupun Inggris.

5. Kertas catatan Post-It

Penemuan kertas catatan Post-It yang sederhana adalah sebuah kolaborasi yang kebetulan antara ilmu pengetahuan yang payah dengan seorang jemaat gereja yang putus asa. Pada tahun 1970, Spencer Silver, seorang peneliti perusahaan besar Amerika 3M, tadinya berusaha untuk merumuskan sejenis lem perekat yang kuat, tetapi berakhir pada penciptaan sebuah lemyang sangat lemah yang bisa dilepaskan dengan mudah. Ia mengenalkan penemuannya di 3M, tetapi tidak ada orang yang peduli.


Empat tahun kemudian, Arthur Fry, seorang rekan kerja Silver di 3M dan anggota paduan suara di gerejanya, terganggu oleh kenyataan bahwa kertas kecil yang diselipkan di buku lagu rohaninya sebagai tanda batas halaman selalu terjatuh ketika buku tersebut dibuka.

Dia kemudian meminta bantuan kepada Spencer Silver untuk mempergunakan hasil temuannya, yakni lem perekat yang lemah itu sebagai penanda batas halaman bukunya. Penanda berupa kertas tempel berperekat temuan Spencder Silver bekerja dengan sempurna, dan dia kemudian menjual ide itu kepada 3M. Pemasaran percobaan dimulai tahun 1977, hingga post-it dikenal di seluruh dunia sekarang ini.

6. Keripik kentang

Tahun 1853, di sebuah rumah makan di Saratoga, New York, seseorang yang sedang makan malam, Cornelius Vanderbilt, terlihat cerewet sekali karena berulang kali yang menolak memakan gorengan yang dipesannya. Dia mengeluh gorengan itu terlalu tebal dan terlalu basah.


Setelah dikembalikan beberapa piring dan lalu lebih menipiskan potongan kentangnya, kepala tukang masak George Crum memutuskan untuk menggoreng irisan kentang yang tipis tersebut di dalam minyak goreng yang banyak, maka jadilah keripik kentang seperti sekarang ini.

Vanderbilt pada awalnya memprotes usaha si kepala tukang masak, katanya gorengan itu terlalu tipis untuk ditusuk dengan garpu, tetapi setelah beberapa percobaan, keripik kentang itu kemudian menjadi kesukaan, dan segera semua orang di dalam rumah makan tersebut memesannya. Sehingga pada daftar menu dicantumkan “Saratoga Chips”, yang kemudian terkenal ke seluruh dunia.

7. Slinky

Anda pasti mengetahui mainan yang satu ini, yaitu segulungan kawat berwarna-warni berbentuk per yang berbunyi gemerincing ketika digoyang-goyangkan. Aslinya mainan ini hanyalah sebuah hiasan di sebuah meja tulis seorang ahli mekanik, Richard James, yang suatu waktu di tahun 1940 yang ketika musim semi tiba, tersandung dan terguling ke seberang lantai setelah menginjak benda tersebut sehingga harus berbaring sakit.


Setelah beberapa prototipe, slinky akhirnya siap untuk diperkenalkan di toko mainan di tahun 1948, yang lalu menjadi salah satu ikon mainan paling populer sepanjang masa.

Istri James, Betty, adalah orang yang mengusulkan nama “Slinky”, dan sebagai CEO dariperusahaan sejak 1960. Lebih dari 250 juta Slinky telah dijual di seluruh dunia, dan bahkan Slinky digunakan sebagai antena radio bergerak selama perang Vietnam.

8. Alat pacu jantung

Seperti penisilin, ini adalah penemuan tidak disengaja lain yang telah menyelamatkan hidup banyak orang hingga hari ini. Seorang insinyur Amerika, Wilson Greatbatch, sedang bekerja dengan sebuah peralatan yang merekam denyut jantung tidak beraturan, ketika ia menyisipkan sebuah tipe resistor yang keliru ke dalam penemuannya.


Sirkuit berdenyut, lalu diam, lalu berdenyut lagi, mendorong Greatbatch untuk membandingkan reaksi ini dengan jantung manusia dan menggunakannya pada sebagai alat pacu jantung pertama di dunia yang bisa diimplan atau ditanamkan ke dalam tubuh manusia.

Sebelum versi yang bisa diimplan digunakan pada manusia setelah tahun 1960, alat pacu jantung telah didasarkan pada model eksternal yang ditemukan oleh Paul Zoll tahun 1952. Alat ini berukuran sebuah televisi dan membagikan kejutan-kejutan listrik yang disesuaikan ke dalam tubuh pasien, yang sering kali menyebabkan kulit terbakar. Greatbatch juga mengembangkan penemuannya dengan menggunakan sel baterai iodid litium untuk menggerakkan alat pacu jantungnya.

9. Lem super kuat (Superglue)

Bahan lebih lengket. Yang satu ini terkenal karena berdaya perekat tinggi, tidak seperti Post-It Notes di atas. Lem super kuat tercipta pada tahun 1942 ketika Dr. Harry Coover sedang berusaha untuk mengisolasikan sebuah bahan plastik yang bersih untuk membuat gagang senjata api.

Sementara dia sedang bekerja dengan bahan kimia cyanoacrylates, seketika setelah bahan polymerized terkontak dengan embun menjadikan semua bahan-bahan kimia dalam percobaan terikat bersama-sama. Bagi Coover percobaannya gagal, dan riset berjalan terus.


Enam tahun kemudian, Coover bekerja di sebuah pabrik kimia di Tennessee dan merealisasikan potensi dari sebuah substansi ketika mereka sedang menguji hambatan panas dari cyanoacrylates, diketahui sebelumnya bahwa lem-lem tidak memerlukan panas maupun tekanan untuk membentuk ikatan yang kuat.

Jadi, setelah suatu jumlah yang tertentu dari perbaikan komersil, Superglue atau “Alcohol-Catalyzed Cyanoacrylate Adhesive Composition” (komposisi lem dari bahan Cyanoacrylate yang dikatalisasi dengan alkohol) dilahirkan.

Lem itulah yang digunakan kemudian untuk menangani prajurit yang terluka di perang Vietnam – lem itu bisa disemprotkan di luka terbuka, membendung pendarahan dan memudahkan pengangkutan para prajurit. Lem ini telah banyak menyelamatkan nyawa korban-korban luka oleh senjata api.

10. Sakarin

Sakarin, pemanis buatan yang paling tua, tanpa sengaja ditemukan di tahun 1879 oleh seorang peneliti bernama Constantine Fahlberg, seseorang yang dulu pernah bekerja pada Johns Hopkins University di dalam laboratorium profesor Ira Remsen.

Penemuan Fahlberg bermula ketika dia lupa mencuci kedua tangannya sebelum makan siang, yang mana sebelumnya telah ditumpahi sejenis bahan kimia di laboratoriumnya. Bahan kimia itulah kemudian menyebabkan roti yang dimakannya menjadi berasa manis yang aneh.


Dalam tahun 1880, kedua ilmuwan bersama-sama menerbitkan penemuan, tapi tahun 1884, Fahlberg memperoleh hak paten dan mulai memproduksi secara masal bahan sakarin tanpa Remsen.

Pemakaian sakarin tidak akan meluas kalau tidak karena pemakaian gula dibatasi selama Perang Dunia I, dan ketenarannya meningkat selama tahun 1960-an sampai 1970-an karena dipergunakan oleh pabrik Sweet’N Low dan minuman-minuman ringan (soft drinks) untuk diet.

11. Karet vulkanisir (ban karet)

Christopher Columbus, penemu benua Amerika, adalah orang yang pertama kali memperkenalkan bola karet dari Hindia Barat ke Eropa. Bahan karet memang bagus tetapi bahan tersebut berbau busuk yang sangit, mengeras saat dingin dan terlalu lengket ketika hangat dan nampak tidak bisa dipergunakan untuk tujuan-tujuan praktis.


Tiga ratus tahun kemudian Charles Goodyear mendirikan perusahaannya dan berusaha keras untuk menjadikannya bahan berguna. Sebelumnya selama tujuh tahun, ia mencoba mengolah bahan karet dengan magnesium oksida, tepung perunggu, asam nitrat dan kapur perekat, namun tetap tanpa hasil.

Lalu, di suatu hari yang penuh keberuntungan di tahun 1839, ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk, yang terdiri atas campuran karet dan belerang. Bubuk itu terjatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku di atas api.

Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya. Inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta, dan hingga kini anda bisa tertidur dengan nyenyak di dalam sebuah mobil karena ketidaksengajaan ini.

12. Mesin Sinar X

Dalam tahun 1895, ahli ilmu fisika Jerman, Wilhelm Conrad Rontgen, sedang berusaha menemukan cara agar bisa melihat sinar katode keluar dari sebuah tabung kaca yang sepenuhnya tertutup oleh sebuah kertas karton hitam. Dia menyadari hal itu mustahil tetapi dia menemukan sesuatu yang lebih menarik mengenai hal itu.


Dia mencoba meletakkan berbagai benda di depan alat itu, tetapi yang mengejutkannya adalah ia melihat tulang-tulang di dalam tangannya sendiri, kemudian, hasil itu diproyeksikan ke dinding. Rontgen sadar bahwa sinar itu bisa menembus benda-benda padat juga.

Segera, ia menyebut sinar yahg bisa menembus itu dengan nama x-ray atau kita kenal juga dengan sinar rontgen – seperti namanya. Dewasa ini, alat tersebut sudah menjadi alat standar kesehatan di rumah-rumah sakit.

16 October Hari Kebangkitan Nasional

16 October Bukan 20 Mei Hari Kebangkitan Nasional

Kelahiran organisasi Boedhi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 sesungguhnya amat tidak patut dan tidak pantas diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, karena organisasi ini mendukung penjajahan Belanda, sama sekali tidak pernah mencita-citakan merdeka, a-nasionalis, anti agama, dan bahkan sejumlah tokohnya merupakan anggota Freemasonry Belanda (Vritmejselareen).

Dipilihnya tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional, sesungguhnya merupakan suatu penghinaan terhadap esensi perjuangan merebut kemerdekaan yang diawali oleh tokoh-tokoh Islam yang dilakukan oleh para penguasa sekular. Karena organisasi Syarikat Islam (SI) yang lahir terlebih dahulu dari Boedhi Oetomo (BO), yakni pada tahun 1905, yang jelas-jelas bersifat nasionalis, menentang penjajah Belanda, dan mencita-citakan Indonesia merdeka, tidak dijadikan tonggak kebangkitan nasional.

Anehnya, hal ini sama sekali tidak dikritisi oleh tokoh-tokoh Islam kita. Bahkan secara menyedihkan ada sejumlah tokoh Islam dan para Ustadz selebritis yang ikut-ikutan merayakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei di berbagai event. Mereka ini sebenarnya telah melakukan sesuatu tanpa memahami esensi di balik hal yang dilakukannya. Rasulullah SAW telah mewajibkan umatnya untuk bersikap: “Ilmu qabla amal” (Ilmu sebelum mengamalkan), yang berarti umat Islam wajib mengetahui duduk-perkara sesuatu hal secara benar sebelum mengerjakannya.

Bahkan Sayyid Quthb di dalam karyanya “Tafsir Baru Atas Realitas” (1996) menyatakan orang-orang yang mengikuti sesuatu tanpa pengetahuan yang cukup adalah sama dengan orang-orang jahiliyah, walau orang itu mungkin seorang ustadz bahkan profesor. Jangan sampai kita “Fa Innahu Minhum” (kita menjadi golongan mereka) terhadap kejahiliyahan.

Agar kita tidak terperosok berkali-kali ke dalam lubang yang sama, sesuatu yang bahkan tidak pernah dilakukan seekor keledai sekali pun, ada baiknya kita memahami siapa sebenarnya Boedhi Oetomo itu.

Pendukung Penjajahan Belanda
Akhir Februari 2003, sebuah amplop besar pagi-pagi telah tergeletak di atas meja kerja penulis. Pengirimnya KH. Firdaus AN, mantan Ketua Majelis Syuro Syarikat Islam kelahiran Maninjau tahun 1924. Di dalam amplop coklat itu, tersembul sebuah buku berjudul “Syarikat Islam Bukan Budi Utomo: Meluruskan Sejarah Pergerakan Bangsa” karya si pengirim. Di halaman pertama, KH. Firdaus AN menulis: “Hadiah kenang-kenangan untuk Ananda Rizki Ridyasmara dari Penulis, Semoga Bermanfaat!” Di bawah tanda tangan beliau tercantum tanggal 20. 2. 2003.

KH. Firdaus AN telah meninggalkan kita untuk selama-lamanya. Namun pertemuan-pertemuan dengan beliau, berbagai diskusi dan obrolan ringan antara penulis dengan beliau, masih terbayang jelas seolah baru kemarin terjadinya. Selain topik pengkhianatan the founding-fathers bangsa ini yang berakibat dihilangkannya tujuh buah kata dalam Mukadimmah UUD 1945, topik diskusi lainnya yang sangat konsern beliau bahas adalah tentang Boedhi Oetomo.

BO tidak memiliki andil sedikit pun unuk perjuangan kemerdekan, karena mereka para pegawai negeri yang digaji Belanda untuk mempertahankan penjajahan yang dilakukan tuannya atas Indonesia. Dan BO tidak pula turut serta mengantarkan bangsa ini ke pintu gerbang kemedekaan, karena telah bubar pada tahun 1935.

BO adalah organisasi sempit, lokal dan etnis, di mana hanya orang Jawa dan Madura elit yang boleh menjadi anggotanya. Orang Betawi saja tidak boleh menjadi anggotanya, ” tegas KH. Firdaus AN.

BO didirikan di Jakarta tanggal 20 Mei 1908 atas prakarsa para mahasiswa kedokteran STOVIA, Soetomo dan kawan-kawan. Perkumpulan ini dipimpin oleh para ambtenaar, yakni para pegawai negeri yang setia terhadap pemerintah kolonial Belanda. BO pertama kali diketuai oleh Raden T. Tirtokusumo, Bupati Karanganyar kepercayaan Belanda, yang memimpin hingga tahun 1911. Kemudian dia diganti oleh Pangeran Aryo Notodirodjo dari Keraton Paku Alam VIII Yogyakarta yang digaji oleh Belanda dan sangat setia dan patuh pada induk semangnya.

Di dalam rapat-rapat perkumpulan dan bahkan di dalam penyusunan anggaran dasar organisasi, BO menggunakan bahasa Belanda, bukan bahasa Indonesia.

“Tidak pernah sekali pun rapat BO membahas tentang kesadaran berbangsa dan bernegara yang merdeka. Mereka ini hanya membahas bagaimana memperbaiki taraf hidup orang-orang Jawa dan Madura di bawah pemerintahan Ratu Belanda, memperbaiki nasib golongannya sendiri, dan menjelek-jelekkan Islam yang dianggapnya sebagai batu sandungan bagi upaya mereka, ” papar KH. Firdaus AN.

Di dalam Pasal 2 Anggaran Dasar BO tertulis “Tujuan organisasi untuk menggalang kerjasama guna memajukan tanah dan bangsa Jawa dan Madura secara harmonis.” Inilah tujuan BO, bersifat Jawa-Madura sentris, sama sekali bukan kebangsaan.

Noto Soeroto, salah seorang tokoh BO, di dalam satu pidatonya tentang Gedachten van Kartini alsrichtsnoer voor de Indische Vereniging berkata: “Agama Islam merupakan batu karang yang sangat berbahaya... Sebab itu soal agama harus disingkirkan, agar perahu kita tidak karam dalam gelombang kesulitan.

Sebuah artikel di “Suara Umum”, sebuah media massa milik BO di bawah asuhan Dr. Soetomo terbitan Surabaya, dikutip oleh A. Hassan di dalam Majalah “Al-Lisan” terdapat tulisan yang antara lain berbunyi, “Digul lebih utama daripada Makkah”, “Buanglah Ka’bah dan jadikanlah Demak itu Kamu Punya Kiblat!” (M. S) Al-Lisan nomor 24, 1938.

Karena sifatnya yang tunduk pada pemerintahan kolonial Belanda, maka tidak ada satu pun anggota BO yang ditangkap dan dipenjarakan oleh Belanda. Arah perjuangan BO yang sama sekali tidak berasas kebangsaan, melainkan chauvinisme sempit sebatas memperjuangkan Jawa dan Madura saja telah mengecewakan dua tokoh besar BO sendiri, yakni Dr. Soetomo dan Dr. Cipto Mangunkusumo, sehingga keduanya hengkang dari BO.

Bukan itu saja, di belakang BO pun terdapat fakta yang mencengangkan. Ketua pertama BO yakni Raden Adipati Tirtokusumo, Bupati Karanganyar, ternyata adalah seorang anggota Freemasonry. Dia aktif di Lodge Mataram sejak tahun 1895.

Sekretaris BO (1916), Boediardjo, juga seorang Mason yang mendirikan cabangnya sendiri yang dinamakan Mason Boediardjo.

Hal ini dikemukakan dalam buku “Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia 1764-1962” (Dr. Th. Stevens), sebuah buku yang dicetak terbatas dan hanya diperuntukan bagi anggota Mason Indonesia.

Dalam tulisan kedua akan dibahas mengenai organisasi kebangsaan pertama di Indonesia, Syarikat Islam, yang telah berdiri tiga tahun sebelum BO, dan perbandinganya dengan BO, sehingga kita dengan akal yang jernih bisa menilai bahwa Hari Kebangkitan Nasional seharusnya mengacu pada kelahiran SI pada tanggal 16 Oktober 1905, sama sekali bukan 20 Mei 1908. (Bersambung/Rizki Ridyasmara/eramuslim)

Bagian II

Dalam tulisan bagian pertama, telah dipaparkan betapa organisasi Boedhi Oetomo (BO) sama sekali tidak pantas dijadikan tonggak kebangkitan nasional. Karena BO tidak pernah membahas kebangsaan dan nasionalisme, mendukung penjajahan Belanda atas Indonesia, anti agama, dan bahkan sejumlah tokohnya ternyata anggota Freemasonry. Ini semua mengecewakan dua pendiri BO sendiri yakni Dr. Soetomo dan Dr. Cipto Mangunkusumo, sehingga keduanya akhirnya hengkang dari BO.

Tiga tahun sebelum BO dibentuk, Haji Samanhudi dan kawan-kawan mendirikan Syarikat Islam (SI, awalnya Syarikat Dagang Islam, SDI) di Solo pada tanggal 16 Oktober 1905. “Ini merupakan organisasi Islam yang terpanjang dan tertua umurnya dari semua organisasi massa di tanah air Indonesia, ” tulis KH. Firdaus AN.

Berbeda dengan BO yang hanya memperjuangkan nasib orang Jawa dan Madura—juga hanya menerima keanggotaan orang Jawa dan Madura, sehingga para pengurusnya pun hanya terdiri dari orang-orang Jawa dan Madura—sifat SI lebih nasionalis. Keanggotaan SI terbuka bagi semua rakyat Indonesia yang mayoritas Islam. Sebab itu, susunan para pengurusnya pun terdiri dari berbagai macam suku seperti: Haji Samanhudi dan HOS. Tjokroaminoto berasal dari Jawa Tengah dan Timur, Agus Salim dan Abdoel Moeis dari Sumatera Barat, dan AM. Sangaji dari Maluku.

Guna mengetahui perbandingan antara kedua organisasi tersebut—SI dan BO—maka di bawah ini dipaparkan perbandingan antara keduanya:

Perbandingan SI vs BO





SI bertujuan Islam Raya dan Indonesia Raya,

BO bertujuan menggalang kerjasama guna memajukan Jawa-Madura (Anggaran Dasar BO Pasal 2).


SI bersifat nasional untuk seluruh bangsa Indonesia,

BO besifat kesukuan yang sempit, terbatas hanya Jawa-Madura,


SI berbahasa Indonesia, anggaran dasarnya ditulis dalam bahasa Indonesia,

BO berbahasa Belanda, anggaran dasarnya ditulis dalam bahasa Belanda

Sikap Terhadap Belanda

SI bersikap non-koperatif dan anti terhadap penjajahan kolonial Belanda,

BO bersikap menggalang kerjasama dengan penjajah Belanda karena sebagian besar tokoh-tokohnya terdiri dari kaum priyayi pegawai pemerintah kolonial Belanda,

Sikap Terhadap Agama

SI membela Islam dan memperjuangkan kebenarannya,

BO bersikap anti Islam dan anti Arab (dibenarkna oleh sejarawan Hamid Algadrie dan Dr. Radjiman)

Perjuangan Kemerdekaan

SI memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mengantar bangsa ini melewati pintu gerbang kemerdekaan,

BO tidak pernah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan telah membubarkan diri tahun 1935, sebab itu tidak mengantarkan bangsa ini melewati pintu gerbang kemerdekaan,

Korban Perjuangan

Anggota SI berdesak-desakan masuk penjara, ditembak mati oleh Belanda, dan banyak anggotanya yang dibuang ke Digul, Irian Barat,

Anggota BO tidak ada satu pun yang masuk penjara, apalagi ditembak dan dibuang ke Digul,


SI bersifat kerakyatan dan kebangsaan,

BO bersifat feodal dan keningratan,

Melawan Arus

SI berjuang melawan arus penjajahan,

BO menurutkan kemauan arus penjajahan,


SI (SDI) lahir 3 tahun sebelum BO yakni 16 Oktober 1905,

BO baru lahir pada 20 Mei 1908,

Seharusnya 16 Oktober
Hari Kebangkitan Nasional yang sejak tahun 1948 kadung diperingati setiap tanggal 20 Mei sepanjang tahun, seharusnya dihapus dan digantikan dengan tanggal 16 Oktober, hari berdirinya Syarikat Islam. Hari Kebangkitan Nasional Indonesia seharusnya diperingati tiap tanggal 16 Oktober, bukan 20 Mei. Tidak ada alasan apa pun yang masuk akal dan logis untuk menolak hal ini.

Jika kesalahan tersebut masih saja dilakukan, bahkan dilestarikan, maka saya khawatir bahwa jangan-jangan kesalahan tersebut disengaja. Saya juga khawatir, jangan-jangan kesengajaan tersebut dilakukan oleh para pejabat bangsa ini yang sesungguhnya anti Islam dan a-historis.

Jika keledai saja tidak terperosok ke lubang yang sama hingga dua kali, maka sebagai bangsa yang besar, bangsa Indonesia seharusnya mulai hari ini juga menghapus tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional, dan melingkari besar-besar tanggal 16 Oktober dengan spidol merah dengan catatan “Hari Kebangkitan Nasional”. (Tamat/Rizki Ridyasmara/eramuslim)


  1. http://www.kitlv.nl/
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Freemasonry
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Budi_Utomo
  4. http://www.britannica.com/eb/article-9075859/Budi-Utomo
  5. http://www.nla.gov.au/exhibitions/southland/Exp-Out_of_Batavia.html
  6. http://www.4dw.net/royalark/Indonesia/pakuala3.htm
  7. http://www.gimonca.com/sejarah/sejarah06.shtml